Kalkulus 1



Kalkulus (Bahasa Latin: calculus, artinya "batu kecil", untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit,turunan, integral, dan deret takterhingga. Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari perubahan, sebagaimana geometri yang mempelajari bentuk dan aljabar yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.
Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Contoh cabang kalkulus yang lain adalah kalkulus proposisional, kalkulus variasi, kalkulus lambda, dan kalkulus proses. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi danlimit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.
Brikut Materi yang Di pelajari dalam Kalkulus 1 :

Limit Fungsi

  1. Limit Pemfaktoran
  2. Limit Mengalikan Sekawan
  3. Limit Trigonometri Dasar
  4. Limit Trigonometri Lanjutan

Turunan / Diferensial

  1. Konsep Turunan
  2. Turunan Trigonometri
  3. Persamaan Garis Singgung & Garis Normal Suatu Kurva
  4. Fungsi Naik dan Fungsi Turun
  5. Aplikasi Turunan

Integral

  1. Integral Aljabar
  2. Integral Trigonometri
  3. Integral Parsial
  4. Integral Substitusi Trigonometri
  5. Integral Fungsi Pecahan

Luas Daerah & Volume Benda Putar

  1. Luas Daerah
  2. Volume Benda Putar Terhadap Sumbu X
  3. Volume Benda Putar Terhadap Sumbu Y

Gambaran Umum Materi

Secara umum, materi kalkulus adalah sebuah cabang pelajaran matematika yang mempelajari mengenai masalah-masalah perubahan. Inti dari konsep kalkulus dasar adalah perubahan bilangan-bilangan yang digunakan dalam perhitungan matematika. Ada beberapa pembelajaran besar dalam topik ini, yaitu limit fungsi, diferensial (turunan), integral, dan luas daerah & volume benda putar.
Kata ‘kalkulus’ diambil dari Bahasa Latin calculus yang berarti batu kecil. Hal ini dikarenakan orang-orang terdahulu masih menggunakan batu-batu kecil untuk melakukan perhitungan matematika. Bidang ini pertama kali dikembangkan oleh 2 ilmuwan besar, Sir Isaac Newton dan Gottfried Leibniz. Newton mengembangkan kalkulus diferensial, sedangkan Leibniz mengembangkan kalkulus integral.
Materi ini merupakan materi yang sangat penting dalam berbagai ilmu, terutama matematika. Untuk matematika, materi ini bisa menjadi jalan keluar untuk kamu ketika kamu tidak bisa menyelesaikan sebuah permasalahan matematika dengan menggunakan rumus aljabar.
Secara garis besar, contoh soal kalkulus adalah sebuah materi yang amat penting dalam berbagai ilmu, termasuk matematika. Keunggulan dalam memecahkan masalah matematis yang sulit dipecahkan menjadi salah satu faktor mengapa materi ini dipelajari secara luas dan salah satu ilmu penting di matematika.
Untuk kamu yang masih mempelajari materi ini dan merasa kesulitan, Wardaya College memberikan banyak video pembelajaran interaktif yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan soal-soal. Ada contoh soal dan pembahasannya, serta ada juga soal-soal interaktif yang akan menguji kemampuan kamu dalam penghitungan ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »